Pemodelan Kinerja Persimpangan Sebidang Jalan Raya Menggunakan Perangkat Lunak Vissim

Authors

  • Sarwanta Sarwanta Universitas Wiralodra
  • Hamdani Abdulgani Universitas Wiralodra

DOI:

https://doi.org/10.31943/jri.v10i1.239

Keywords:

Panjang antrian, tundaan, Degree of Saturaton, kinerja simpang, vissim

Abstract

Persimpangan jalan sebidang  merupakan  tempat yang berpotensi terjadinya konflik antar kendaran yang pada saat yang bersamaan berada pada titik  yang sama.. Untuk menghindari terjadinya  kecelakaan  di persimpangan setiap  kendaraan yang mendekati persimpangan harus  melakukan pengurangan kecepatan. Hal ini  mengakibatkan terjadinya antrian dan tundaan. Panjang antrian dan durasi waktu tundaan merupakan parameter untuk mengukur kinerja persimpangan.  evaluasi kinerja pesrsimpangan perlu dilakukan secara periodik  agat dapat  dilakukan langkah antisipasi agar kinerja simpang dpat dijaga dan dipertahankan dalam kondisi baik. Dalam penelitian ini, akan dilakukan analisis kinerja persimpangan dengan menggunakan pedoman pada Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997 dan Pemodelan dengan  menggunakan perangkat lunak  Vissim. Lokasi penelitian adalah di simpang Balikpapan Baru. Data yang digunakan sebgagai  masukan   meliputi data arus lalulintas pada jam sibuk atau jam puncak, data  geometri persimpangan. Keluaran  hasil  yang dihasilkan oleh model adalah informasi kinerja simpang berupa parameter  Degree of Saturation (DS) pada kondisi eksisting 0,88  Parameter panjang antrian 190 sampai 900 meter dan waktu tundaan pada kondisi eksisting adalah 64  detik/smp dan 108 detik/smp dan untuk proyeksi 5 tahun yang akan datang adalah 353 sampai 725 m dan waktu tundaan 74 detik/smp sampai dengan 210 detik/smp

Downloads

Published

2024-07-05