Pemodelan Kinerja Persimpangan Sebidang Jalan Raya Menggunakan Perangkat Lunak Vissim
DOI:
https://doi.org/10.31943/jri.v10i1.239Keywords:
Panjang antrian, tundaan, Degree of Saturaton, kinerja simpang, vissimAbstract
Persimpangan jalan sebidang merupakan tempat yang berpotensi terjadinya konflik antar kendaran yang pada saat yang bersamaan berada pada titik yang sama.. Untuk menghindari terjadinya kecelakaan di persimpangan setiap kendaraan yang mendekati persimpangan harus melakukan pengurangan kecepatan. Hal ini mengakibatkan terjadinya antrian dan tundaan. Panjang antrian dan durasi waktu tundaan merupakan parameter untuk mengukur kinerja persimpangan. evaluasi kinerja pesrsimpangan perlu dilakukan secara periodik agat dapat dilakukan langkah antisipasi agar kinerja simpang dpat dijaga dan dipertahankan dalam kondisi baik. Dalam penelitian ini, akan dilakukan analisis kinerja persimpangan dengan menggunakan pedoman pada Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997 dan Pemodelan dengan menggunakan perangkat lunak Vissim. Lokasi penelitian adalah di simpang Balikpapan Baru. Data yang digunakan sebgagai masukan meliputi data arus lalulintas pada jam sibuk atau jam puncak, data geometri persimpangan. Keluaran hasil yang dihasilkan oleh model adalah informasi kinerja simpang berupa parameter Degree of Saturation (DS) pada kondisi eksisting 0,88 Parameter panjang antrian 190 sampai 900 meter dan waktu tundaan pada kondisi eksisting adalah 64 detik/smp dan 108 detik/smp dan untuk proyeksi 5 tahun yang akan datang adalah 353 sampai 725 m dan waktu tundaan 74 detik/smp sampai dengan 210 detik/smp