STUDI STABILITAS LERENG TIMBUNAN JALAN TERHADAP VARIASI KEMIRINGAN

Authors

  • Dadan Ali Sadikin Universitas Wiralodra
  • Komarudin komarudin Universitas Wiralodra

DOI:

https://doi.org/10.31943/jri.v4i2.150

Keywords:

stabilitas lereng timbunan, metode elemen hingga, biaya konstruksi timbunan

Abstract

Kebutuhan akan jalan dari tahun ke tahun semakin meningkat, ini ditandai dengan adanya semakin pesatnya pembangunan jalan. Pembangunan jalan tol biasanya akan melewati perbukitan ataupun lembah, tentu saja dalam pekerajan tersebut akan ada pekerjaan galian dan timbunan. Pada kasus desain timbunan, semakin landai suatu lereng timbunan maka akan berdampak pada biaya yang akan dikeluarkan yaitu mulai dari pembebasan lahan maupun volume timbunannya, hal tersebut tentu saja menjadi suatu pertimbangan dalam analisis stabilitas lereng timbunan. Penelitian ini bertujuan mengetahui faktor keamanan dalam tiap kemiringan timbunan yaitu pada kemiringan 1:1, 1:1.5, 1:2, 1:2.5 dan 1:3 selain itu untuk mengetahui biaya konstruksi per satuan volume timbunan dalam tiap variasi kemiringan. Dari hasil analisis nilai faktor keamanan masing-masing lereng 1:1, 1:1.5, 1:2, 1:2.5, 1:3 adalah 1.42, 1.83, 2.14, 2.51, 2.90. Dari kelima variasi kemiringan lereng tersebut semuanya memenuhi syarat untuk stabilitas lereng, selain itu nilai faktor semakin besar, maka kemiringan lereng semaikin landai, sehingga nilai faktor keamannya semakin naik, artinya semakin landai suatu lereng timbunan maka menunjukkan semakin aman untuk keadaan lerengnya selain itu Biaya konstruksi masing-masing lereng 1:1, 1:1.5, 1:2, 1:2.5 dan 1:3 adalah Rp. 20.619.720, 21.791.295, 22.962.870, 24.134.445 dan 25.306.020, sehingga semakin landai variasi kemiringan maka biaya konstruksi semakin mahal.

Downloads

Published

2018-06-10