ANALISA EFEK P-DELTA PADA KOLOM STRUKTUR LIMA BELAS LANTAI AKIBAT PENAMBAHAN BEBAN HELIPAD

Authors

  • Nono Suhana Universitas Wiralodra
  • Oscar Lando Pello Sekolah Tinggi Teknologi Mandala

Keywords:

P-Delta, pembesaran momen, simpangan struktur

Abstract

Analisis struktur merupakan bagaian salah satu proses yang sangat menentukan dan terpenting dalam perencanaan. Untuk mendapatkan analisa akurat diperlukan pendekatan matematis yang mencerminkan kondisi struktur dan serta kondisi beban sebenarnya.

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efek P-Delta pada kolom struktur lima belas lantai yang mengalami pembebanan arah vertikal berupa beban mati dari berat struktur itu sendiri, beban helipad dan beban hidup serta benan horizontal/ lateral akibat beban gempa.Karena perhitungan P_Delta cukup rumit dan kompleks maka analisa dibantu dengan perangkat lunak atau software ETABS versi 9.0 untuk meminimalisir kesalahan dalam perhitungan.

Hasil analisa menunjukan pembesaran momen dan kenaikan simpangan pada kolom struktur apabila perhitungan P-Delta disertakan. Pembesaran momen maksimum yaitu 83,44% dan minimum 3,12%. Kenaikan momen rata-rata kolom tepi adalah 27,12%, 19,45% dan 23,12%. Untuk kolom tengah peningkatan simpangan pada arah x dengan rata-rata 21,71%, arah y 23,40% dan arah z sebesar 13,47%. Selain itu hasil simpangan antara tingkat yang ditinjau berdasarkan kinerja batas layan dan kinerja batas ultimate menunjukan nilai kerja batas layan arah x antara 31,33 mm sampai dengan 567 mm dan arah y yaitu 11mm sampai dengan 703 mm, sedangkan kinerja batas ultimate arah x nilainya 1,4 mm sampai dengan 68,81mm dan arah y yaitu 1,52 mm sampai dengan 80,64 mm.

Berdasarkan pada peningkatan momen dan simpangan yang terjadi dikolom struktur maka dapat disimpulkan bahwa efek P-Delta harus dimasukan dalam perhitungan struktur.

Downloads

Published

2015-11-16